Senin , 20 November 2017

Wiranto: Jangan Sampai Terkesan Kita Melawan Masyarakat Papua

Tim gabungan TNI-Polri tengah melakukan operasi pembebasan warga di dua kampung di Timika, Papua, yang disandera kelompok kriminal bersenjata. Menko Polhukam Wiranto menegaskan, yang tengah dilawan merupakan kelompok kriminal bersenjata dan bukan warga Papua.

“Kita pakai jalur hukum. Jangan sampai nanti ada satu pendapat kita sedang melawan masyarakat Papua. Jangan. Tidak. Bukan. Masyarakat Papua juga enggak senang ini,” ujar Wiranto usai Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta, Jumat (10/11).

Baca Juga  KKP: Aneh, Pulau Pari Bisa Dikuasai Swasta Sampai 90 Persen

Wiranto menjelaskan, tidak ada satu pun masyarakat Papua yang setuju dan senang dengan gerakan kriminal seperti itu. Karena itu, tindakan tegas akan dilakukan terhadap kelompok-kelompok ini.
“Ya tegas. Harus tegas dong. Tapi kan kita persuasif dulu, ajakan. Ya kita peringatkan jangan seperti itu, eggak boleh. Apa pun alasannya kelompok masyarakat, apalagi masuk ke dalam kelompok kriminal bersenjata lagi, mencoba untuk melakukan seperti itu, kita law enforcement (penegakan hukum),” ujar Wiranto.

Baca Juga  Buni Yani: Saya Akan Terus Berjuang

Wiranto menegaskan, tim gabungan sedang bekerja untuk menyelesaikan kasus ini. Lokasi kedua kampung yang terisolir, yakni Kampung Kimbaly dan Banti terbilang cukup jauh. Karena itu, butuh waktu untuk bisa sampai ke lokasi.

Baca Juga  Tarik Menarik Bandar, Reklamasi Diprediksi akan Terus Dilangsungkan

“Yang kita hadapi bukan suatu organisasi yang sah. Tapi gerombolan atau kriminal, kekuatan kriminal bersenjata yang sedang melakukan aksi seperti itu. Nah sekarang kepolisian dibantu TNI sedang menyelesaikan masalah itu. Kita tunggu aja,” ucap dia.

kumparan

Shares