Minggu , 17 Desember 2017

Polisi Didesak Usut Aktor Intelektual Pembakaran Masjid Muhammadiyah di Bireun Aceh

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendesak kepolisian untuk melakukan penyelidikan dan pengusutan secara tuntas terkait pembakaran komplek Masjid At-Taqwa Muhammadiyah di Desa Sangso, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun, Aceh.

“Berdasarkan informasi dan Laporan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bireun dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samalanga, bahwa peristiwa pembakaran Komplek Masjid At-Taqwa benar telah terjadi dan telah dilaporkan kepada pihak yang berwajib (Kepolisian Bireun),” ungkap Ketua PP Muhammadiyah, Busyro Muqoddas melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Senin (23/10/2017).

Wow!:  Heboh Pria Israel Yahudi Sambangi Masjid Nabawi, Bikin Geger Picu Kemarahan Publik Arab!

“Untuk itu pihak Kepolisian perlu melakukan penyelidikan dan pengusutan secara tuntas sampai menindak pelaku dan aktor intelekrual sesuai dengan hukum yang berlaku,” lanjutnya.

Selain itu Busyro juga menambahkan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Bireun juga harus turut serta untuk menangani konflik pembakaran tempat ibadah ini. Dia merujuk pada Qonun Aceh Nomor 4 Tahun 2016 pasal 26 tentang Pedoman Permeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Tempat Ibadah.

Wow!:  Komandan polisi distrik rezim boneka Afghan tewas dalam serangan Mujahidin IIA

“Sebagaimana diatur dalam Qonun Aceh, Bupati bertanggung jawab untuk menyelesaikan sengketa atau konftik yang timbul atas pendirian dan pembangunan Masjid At-Taqwa di Desa Sangso Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireun Aceh karena telah diterbitkannya terhadap pembangunan tersebut,” ungkapnya.

Namun, jika kedepannya musyawarah tidak mencapai kata sepakat, lanjut Busyro, maka pihak yang berkeberatan dengan pembangunan masjid dengan kata lain yaitu para pembakar tempat ibadah itu, disebut Busyro hendaknya menempuh upaya hukum melalui pengadilan setempat.

Wow!:  Viralnya pernyataan Imam Masjid Istiqlal, Penulis Buku ini Jelaskan "Inilah Akidah Kita Imam"

Sebelumnya diberitakan, fondasi dan beranda serta tiang Masjid At-Taqwa Muhammadiyah Bireuen, Aceh yang baru dibangun dibakar oknum tak bertanggungjawab pada Selasa (17/10) sekitar pukul 20.00 WIB. Tempat nantinya akan dijadikan tempat pengajian yang sudah berjalan selama bertahun-tahun. Begitupun masjid itu juga resmi mendapatkan izin pendirian bangunan (IMB).

Sumber: kiblat.net

Shares