Minggu , 17 Desember 2017

Mengenal Nama-Nama Surga

Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan surga dan neraka. Yang mana surga bagi mereka yang beriman dan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dan Neraka bagi mereka yang tidak beriman, dan banyak berbuat maksiat.

Allah tidak hanya menciptakan satu surga saja, tetapi Allah menciptakan banyak surga dengan berbagai kenikmatan yang luar biasa di dalamnya. Semua surga yang diciptakan-Nya dengan berbagai nama diberikan sesuai dengan kadar dan amal saleh di dunia.

Maka dari itu, perlu bagi kita mengenal nama-nama surga untuk mendorong kita memperbanyak amal saleh agar mendapatkan salah satu dari surga-Nya.

Dalam buku Al Wadul Haq yang ditulis oleh Umar Abdul Kahfi disebutkan nama-nama surga Allah subhanahu wa ta’ala,

1. Al-Jannah (Kebun)

Artinya al Bustan atau kebun yang merupakan isim alam bagi semua derajat surga. Di dalam Alquran, kata al Jannah disebutkan sebanyak 54 kali dalam 28 surah. Nama al Jannah berasal dari kata as-Satr yang berarti penutup. Sebab dalam kebun tersebut terdapat banyak pepohonan yang menutupi segala sesuatu yang ada di dalamnya.

Wow!:  Upaya “Mengahokkan” Megawati Soekarnoputri Dimulai dari Jawa Timur

2. Dar as-Salam (Rumah Keselamatan)

“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Tuhannya”. (QS. Al An’am: 127)

“Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga).” (QS. Yunus: 25) Dar as-Salam merupakan rumah dipenuhi rasa aman dan membuat penghuninya tidak merasa takut atau khawatir. Inilah surga.

3. Dar al-Muqamah (Tempat yang Kekal)

Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri, yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya. Di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.”(QS. Fathir: 34-35)

Wow!:  Aktivis Politik: Tafsir Tunggal Anti-Pancasila ala Penguasa untuk Serang Lawan Politik Jokowi di Pilpres

4. Jannah al-Ma wa (Tempat Tingal)

“Di dekatnya ada surga tempat tinggal.”(QS. An Najm: 15)

“Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). (QS. An Nazi’at: 41)
Surga tersebut adalah surga tempat menginap dan menetap. Sebagian ulama mengatakan, “Ia merupakan surga bagi para syahid dan letaknya di sebelah kanan ‘Arsy. Ia adalah rumah yang menjadi tempat tinggal.”

5. Jannatu ‘Adn (Surga ‘Adn)

“Yaitu Surga ‘And yang telah dijanjikan Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu ) tidak terlihat.”(QS. Maryam: 61) Yaitu Surga ‘And yang mereka masuk ke dalamnya.”(QS. Ar Rad: 23)
“Dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di Surga ‘And.”(QS. At Taubah: 72)

6. Jannat al-Firdaus (Surga Firdaus)

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka Surga Firdaus menjadi tempat tinggal.”(QS. Al Kahf: 107)

Wow!:  Abdurrahman bin ‘Auf, Sahabat yang Dijanjikan Masuk Surga

Kata al-Firdaus mengandung pengertian kebun yang ada did dalambya mencakup semua isi kebun. Dan Surga Firduas adalah surga yang paling tinggi dan yang paling tengah derajatnya.

Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda, “Apabila kalian memohon kepada Allah, maka mohonlah Surga Firdaus. Karena sesungguhnya Firdaus merupakan surga yag paling tinggi dan yang paling tengah. Sungai-sungai surga mengalir darinya. Di atasnya terdapat ‘Arsy ar-Rahman.”(HR. Bukhari).

“Dan ada 4 surga Firdaus, yaitu dua di antaranya terbuat dari emas-perhiasan. Tempat, dan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Sedankan dua lainnya terbuat dari perak-perhiasan, tempat, bejana, atau segala sesuatu yang ada di dalamnya. Di antara penghuninya ada yang dapat melihat da nada yang tidak dapat melihat Tuhan mereka.” (HR. Ibnu Abi Syaibah)

sumber: republika.co.id

Shares