Sabtu , 16 Desember 2017

3 Tahun Jokowi: Terbitnya Perppu Ormas, Kepentingan Rezim & Ancaman Demokrasi

Kepemimpinan Jokowi yang dinilai oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon yang cenderung kembali bersikap represif dan otoriter dapat dilihat dari penerbitan Perppu Ormas beberapa bulan lalu. Dan menurutnya, melalui Perppu itu demokrasi di Indonesia dapat terancam.

“Dari sisi lembaga demokrasi, penerbitan Perppu Ormas bisa mengancam lembaga demokrasi. Itu sebabnya Partai Gerindra menolak Perppu ini yang bertentangan dengan UUD 1945,” katanya, di akun Twitter pribadi miliknya, Jum’at (20/10/2017).

Menurutnya, pemerintah seharusnya tidak melihat ormas-ormas hanya dengan bermodalkan dugaam antipancasila saja. “Perppu itu jangan hanya dilihat vis a vis ormas yang dianggap anti Pancasila, namun dilihat Perppu tersebut memberi pemerintah kewenangan sepihak.”

Wow!:  Begini Jika Perppu Ormas Ditolak DPR

Bagaimanapun pemerintah harusnya menaati proses hukum yang berlaku dalam memperlakukan ormas yang dituding anti Pancasila. “Untuk membubarkan organisasi-organisasi yang tak sehaluan dengannya tanpa melalui proses hukum terlebih dahulu. Demokrasi itu dilindungi konstitusi dam hukum, serta bekerja melalui instrument hukum, jadi tak bisa proses hukum digergaji hanya demi kepentingan rezim yang berkuasa.” (Robi/voa-islam.com)

Shares